Wednesday, February 22, 2012

Tips Melamar Kerja | Kiat Sukses Mencari Pekerjaan

Pastinya setelah anda lulus dari universitas anda memiliki berkeinginan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya kuliah s2 atau bahkan s3, ada yang ingin langsung bekerja adapula yang memiliki keinginan untuk memulai usaha sendiri dengan mengaktualisasikan diri, mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat.
Jika mencari pekerjaan adalah pilihan anda maka ini merupakan hal yang gampang dan mudah. Seringkali kita mendengar bahwa mencari kerja itu sulit. Hal itu karena kita belum siap dan tidak memiliki kompetensi untuk bursa kerja yang ada saat ini. Oleh sebab itu anda harus menggali potensi diri dan mengimplemetasikan dengan ilmu yang sudah didapat selama ini. Jika anda sudah memiliki itu semua saat kesempatan itu tiba anda sudah siap karena anda sudah memiliki modal berupa potensi diri dan kompetensi.

Apa yang telah diungkapkan diatas memberikan kesimpulan bahwa ada beberapa hal yang perlu kita pikirkan dahulu untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal. Berikut ini beberapa tips hal yang bisa anda lakukan dalam melamar kerja.


1. Kenalilah Potensi Diri Yang Anda Miliki
Jadilah diri anda sendiri, dengan segala kelebihan dan kekurangan. Buatlah analisa strength, weakness, opportunities dan Threat (SWOT) mengenai diri Anda, itulah potensi Anda. Buatlah gambaran yang pasti pekerjaan apa saja yang tepat. Apakah pekerjaan itu diyakini sesuai dengan potensi yang Anda miliki sekarang? Melakukan pekerjaan yang sesuai dengan potensi Anda kemungkinan untuk sukses lebih besar dari pada melakukan pekerjaan yang tidak sesuai.

2. Sesuaikan Kepribadian Yang Anda Miliki Dengan Pekerjaan Yang Dicari
Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian anda. Misalnya, bila Anda adalah seorang yang easy going, suka ber-traveling mungkin anda cocok dengan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan publik / orang seperti humas, wartawan dan lain-lain.
Bila anda seorang yang menyukai hal-hal detail, tidak banyak berhubungan dengan orang, merasa lebih nyaman mengerjakan pekerjaan di belakang meja mungkin pekerjaan yang cocok adalah di bidang administrasi, finance & accounting dan lain-lain.

3. Idealisme dan Pola Kerja.
Masing-masing dari Anda pastilah memiliki idealisme yang berbeda satu sama lain. Cocokanlah ideliasme Anda dengan pekerjaan yang Anda akan tekuni nantinya. Mungkin tepat bagi anda untuk memilih bekerja di lapangan atau menjadi bagian dari tim kreatif, atau bahkan melakukan kerja lepas atau freelance bila Anda adalah seorang yang mempunyai idealisme tinggi dan menyukai pola kerja bebas alias tidak dibatasi jam kerja. Jika Anda ingin berada dalam lingkungan kerja yang terpola dan terbatasi waktu, pilihan kerja di atas bukanlah hal yang tepat. Anda tidak akan pernah merasa nyaman, sehingga akan sering tidak fokus dan pada akhirnya menimbulkan stres.

4. Saran dari Orang Terdekat, minta dan dengarkanlah
Galilah informasi dari orang lain yang lebih berpengalaman, dari teman atau orang terdekat lainnya, anda bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam dunia kerja. Mintalah saran mengenai diri anda dan tujuan pekerjaan yang akan anda cari sehingga anda menjadi lebih mengetahui kelemahan dan kekuatan yang anda miliki dapat mendukung pekerjaan anda nanti. Jadi, sebaiknya Anda mendengarkan dan mempertimbangkan saran orang lain mengenai Anda . Kebanyakan dari kita sering beranggapan bahwa selama ini telah berusaha baik, padahal orang lain menganggap kurang. Segera rangkum dan perbaiki!

5.Buatlah Daftar Prioritas
Anda sekarang telah memiliki banyak data mengenai diri Anda. Potensi, kepribadian, idealisme bahkan saran dari orang terdekat Anda. Sekarang buatlah daftar prioritas perusahaan yang ingin Anda Lamar. Seharusnya Anda sudah tahu pekerjaan apa yang cocok dengan Anda.

6. Proaktif mencari Pekerjaan, Efektif dan Efisien
Manfaatkan mesin pencari pekerjaan yang telah disediakan di situs lowongan pekerjaan atau Anda dapat menggunakan situs jejaring sosial serta mendaftarkan diri menjadi anggota situs web yang menyediakan layanan bursa lapangan kerja.

7. Introspeksi Diri, Belajar dari Kegagalan
Jangan pernah putus asa jika anda ditolak oleh perusahaan atau anda tidak lulus test masuk kerja. Coba renungi apa kekurangan yang ada pada diri anda, analisa dan perbaikilah agar pada kesempatan berikutnya anda sudah mempersiapkan diri dan tidak akan mengulangi kesalahan.

8.Tekuni Pekerjaan yang sudah Anda Pilih
Begitu Anda sukses mendapatkan pekerjaan yang sesuai, kerjakan pekerjaan tersebut dengan ikhlas dan sepenuh hati. Perlu diingat bahwa Anda telah menyisihkan orang lain yang mungkin memiliki keinginan yang lebih besar dibandingkan Anda. Anda telah meraihnya dengan susah payah. Jadi sudah sepatutnya Anda bersyukur dan mencintai pekerjaan itu. Orang yang mencintai pekerjaannya akan tercermin melalui hasil kerjanya. Anggap saja melakukan kegiatan favorit Anda. Dijamin pekerjaan akan terasa lebih mudah, ringan dan Anda akan semakin sukses!

Demikian tips yang yang ingin kami share semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari kerja.

No comments:

Post a Comment